5 Langkah Mudah Buat Home Cinema di Rumah, Buat Pengalaman menonton lebih Seru!

Apakah Anda pecinta film? Memiliki home cinema di kenyamanan rumah sendiri pasti buat pengalaman menonton jadi lebih nyaman. Bila ada ruangan yang bisa disulap jadi home cinema. tidak ada salahnya mendesain ruang menonton film layaknya berada dalam bioskop. Dengan semua fasilitasnya yang bisa disesuaikan dengan besar ruangan dan selera penghuni rumah.

Langkah Mudah Buat Home Cinema Rumahan

Bingung bagaimana mulai buat home cinema dirumah? Selain interior ada juga instalasi listrik dan daya yang harus dipertimbangkan. Tingkat kebisingan juga perlu difikirkan agar semua bisa menonton dengan tenang tanpa menganggu orang sekitar. Berikut adalah langkah pembuatan ruang home cinema milikmu dalam rumah sendiri.

1. Layout Desain Home Cinema

Ada beberapa hal yang perlu disiapkan dalam mendesain home cinema tentu semua didiskusikan dengan penghuni rumah agar tampila akhir sesuai keinginannya. Idealnya ruangan yang digunakan merupakan ruang yang besar. Agar kedap udara dan suara maka dibuat tertutup sepenuhnya tanpa jendela. Penting buat home cinema yang nyaman dengan tambahan AC karena ruangan dibuat tertutup. Selain itu penempatan elektronik dan audio harus cukup dalam ruangan.

2. Konsep Home Cinema

Setelah ruangan ditentukan dan sudah diputuskan dimana saja penempatan prabotan, buat konsep ruangan. Hal ini menentukan kesan yang ingin ditonjolkan dalam ruangan. Bisa bergaya modern minimalis dengan minim perabotan dan didominasi warna terang. Atau gaya klasik dengan berbagai perabotan rustic dan penggunaan kayu yang dominan. Pertimbangkan juga segi kenyamanan karena anda akan berada didalamnya dalam waktu yang cukup lama.

3. Memilih Perlengkapan Audio dan Visual

Setelah selesai dengan interior, maka laku langkah berikutnya adalah memutuskan perlengkapan audio-visual yang akan digunakan. Apakah akan memasang in focus atau TV Berlayar besar, atau memasang keduanya. Tentukan juga dimana akan menaruh remote, tempat duduk yang berada dengan jarak sehat dengan layar. Untuk memberikan ruangan lebih maka sebaiknya desain home cinema dengan plaforn yang tinggi dan sesuai dengan ukuran TV yag akan dipasang. Pilih juga peralatan audio yang sesuai dengan ukuran ruangan dan daya listrik.

4.  Pencahayaan Home Cinema

Pencahayaan Home Cinema

Desain ruangan Home Cinema dengan mempertimbangkan posisi lampu juga. Layaknya berada dibioskop, pengaturan cahaya ketika sedang menonton cenderung lebih gelap. Jadi bisa menonton dengan nyaman tanpa merasa silau. Namun untuk sebelum dan sesudah menonton pencahayaan perlu ditambahkan agar nyaman bagi mata. Buat Home Cinema dirumah berarti memberikan beberapa opsi lampu yang bisa dinyalakan lebih banyak untuk pencahayaan yang lebih jelas. Dan lampu dapat dimatikan sebagian agar nyaman kala datang ke dalam ruangan.

5. Dekorasi Home Cinema

Setelah seluruh langkah tersebut diatas dilaksanakan maka kurang lebih desain telah selesai. Sebagai pemanis dan menambah nilai kenyamanan maka perlu diga sebagai tambahan, memilikirkan elemen dekoratif sesuai selera penghuni rumah. Hal tersebut bisa termasuk lukisan, poster atau foto yang bisa dipasang didinding dan menambah nilai estetikanya. Bisa juga ditambahkan dengan pilihan bantal untuk bersantai atau juga lemari untuk menaruh berbagai koleksi DVD atau VCD dari berbagai film yang anda miliki.

Demikianlah beberapa hal yang perlu disiapkan untuk membangun home cinema dirumah. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan disiapkan seperti layout, elektronik, instalasi listrik, interior dan dekorasi yang perlu menyatu dalam ruangan dan menjadi tempat nyaman untuk bersantai sambil menonton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *