Wajib Baca! 6 Tips Merawat Batu Marmer Agar Selalu Mengkilap dan Baru

6 Tips Ampuh Merawat Batu Marmer Agar Selalu Nampak Baru

Marmer adalah salah satu batu alami, di mana batu ini mengalami proses tekanan tinggi dan panas. Marmer awalnya diambil dalam potongan yang besar kemudian bagian tersebut dipotong-potong menjadi lempengan atau blok dengan berbagai ukuran. Lempengan tersebut lalu dipoles hingga mengkilap dan rata semua bagian.

Lantai marmer telah banyak digunakan untuk mempercantik rumah.  Lantai yang terbuat dari batu marmer ini akan mengeluarkan keindahannya dari motif dan penampakannya yang mengkilap. Begitu juga dengan corak serta warna yang beragam.

Agar marmer dapat bertahan lama dan terlihat mengkilap sepanjang waktu, Anda harus melakukan beberapa perawatan yang bisa Anda lakukan sendiri. Berikut ini adalah tips merawat marmer yang mudah;

1. Bersihkan Marmer Secara Teratur

Untuk menjaga agar kualitas batu marmer  tetap terjaga, mengkilap dan nampak baru, bersihkan lantai atau dinding secara teratur. Anda bisa menggunakan lap kering untuk membersihkan apabila terjadi tumpahan atau noda yang menempel.

 

2. Bersihkan Dengan kain Lembab

Menggunakan kain yang lembab untuk menjaga kilauan marmer  akan lebih memudahkan Anda dalam melakukan perawatan. Kain tersebut bisa  digunakan bersamaan dengan cairan atau bahan alami untuk membersihkan.

 

3. Gunakan Bahan Alami

Menggunakan bahan alami untuk merawat marmer bertujuan agar tidak terjadi korosi karena sifat asam. Anda bisa menggunakan cairan cuci piring sebagai bahan pembersih. Hindari penggunaan cuka karena bersifat asam. Untuk kotoran atau debu yang menumpuk pada marmer Anda bisa menggunakan cairan peroksida.

 

4. Pemolesan Ulang

Cara lain untuk membuat marmer selalu nampak berkilau adalah dengan melakukan pemolesan ulang. Anda bisa menggunakan jasa poles marmer yang berpengalaman dan profesional agar hasil yang di dapatkan bisa maksimal.

 

5. Beri Lapisan Pelindung

Tidak hanya melakukan pemolesan ulang, agar nampak baru juga bisa dengan memberi lapisan pelindung pada marmer. Pelapisan dapat dilakukan 2 kali setahun untuk mengurangi jumlah debu yang masuk. Anda bisa mendapatkan lapisan tersebut di tempat jual marmer.

 

6. Pastikan Marmer Selalu Kering

Rumah adalah tempat beraktivitas. Apabila rumah Anda terbuat dari marmer sebagai bahan dekorasi maka agar selalu tampak mengkilap harus selalu dijaga. Salah satunya adalah dengan memastikan bahwa marmer selalu dalam keadaan kering. Apabila terjadi tumpahan cairan Anda bisa langsung membersihkannya.

 

Untuk membersihkan atau merawat marmer ada beberapa hal yang harus dihindari dalam perawatannya diantaranya adalah sebagai berikut:

 

1. Hindari Penyedot Debu

Tidak seperti lantai bahan lain atau karpet yang dalam membersihkannya bisa menggunakan penyedot debu, untuk lantai berbahan marmer dilarang menggunakannya karena akan merusak permukaan marmer.

 

2. Tidak Boleh Memakai Kain Kasa

Kain kasa juga akan merusak permukaan marmer, sebab itu apabila terjadi goresan atau tumpahan Anda bisa menggunakan kain yang basah atau lembut untuk membersihkan.

 

3. Dilarang Memakai Pembersih Ubin Keramik

Pembersih ubin keramik dengan marmer tentu berbeda. Marmer punya pembersih khusus untuk menjaga kilapannya. Apabila menggunakan pembersih ubin justru akan merusak struktur permukaan hingga tidak mengkilap malah akan terasa kasar.

Merawat batu marmer adalah suatu hal yang mudah. Karena perawatannya tidak butuh proses yang spesial. Anda pun bisa melakukannya sendiri dengan memakai berbagai bahan alami untuk menjaga kualitas marmer itu sendiri. perawatan yang tepat juga akan membuat marmer tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *