Inilah 5 Cara Pintar Membersihkan Karpet Bulu Agar Selalu Bersih Dan Tak Bau 

Salah satu jenis karpet lantai yang banyak disukai masyarakat adalah karpet bulu, sebab bisa mempercantik ruangan sekaligus memberi rasa nyaman ekstra. Sesuai dengan namanya, karpet bulu ini terbuat dari bulu-bulu halus dan tebal. Sehingga tak hanya lebih empuk untuk dipijak namun juga tampil lebih elegan, tak heran banyak yang memilihnya.

Cara pintar membersihkan karpet bulu kesayangan

Sayangnya, dengan karakter bahannya yang tebal dan berbulu maka rentan menjadi tempat bersarang debu dan kotoran jenis lainnya. Pemilik karpet jenis ini perlu memperhatikan betul kebersihannya. Ternyata untuk membersihkan karpet bulu tak serumit yang dibayangkan, bahkan bisa mengandalkan bahan-bahan dari rumah sendiri.

Berikut cara pintar memanfaatkan tenaga sendiri dan isi rumah untuk memastikan karpet terlaris di berbagai toko lantai karpet ini tetap bersih dan awet:

1.    Cukup dikibaskan beberapa kali saja

Membersihkan karpet bulu tak melulu harus memanggil jasa pembersih profesional, sebab bisa pula dikerjakan sendiri. Jika hanya berencana menghilangkan debu yang menumpuk di karpet ini maka cukup dikibas-kibaskan saja. Pastikan dikibaskan di luar rumah dan tidak ada orang di sekitarnya agar tidak terganggu dengan debu yang beterbangan berasal dari karpet kesayangan.

2.    Rutin dibersihkan memakai mesin vacuum cleaner

Tidak peduli berapapun harga karpet bulu yang dimiliki, tentunya tetap wajib menjaganya tetap dalam kondisi bersih. Tak hanya memastikan tampilan karpet tetap cantik namun juga memastikan karpet ini tidak berbahaya bagi kesehatan. Selain dikibaskan, membersihkan karpet juga bisa memakai mesin vacuum cleaner. Harga mesin ini bervariasi, silahkan memilih sesuai budget dan gunakan rutin supaya debu di karpet bisa tersedot secara keseluruhan.

3.    Dibersihkan dengan campuran detergen, cuka, dan juga air

Jika karpet lantai kesayangan yang dimiliki terkena noda dan bukan hanya debu maka kurang tepat jika hanya dikibaskan atau disedot dengan vacuum cleaner. Kali ini Anda memerlukan pembersih yang cocok, dan bisa memanfaatkan detergen dan cuka yang tersedia di rumah. Campur keduanya dengan sedikit air, setelah itu gosokan perlahan pada area yang bernoda. Hasil akan efektif jika noda belum mengering, jadi jika kena noda basah seperti kuah soto atau kopi sebaiknya segera ditangani.

4.    Hilangkan bau dengan air lemon dicampur cuka

Karena satu dan lain hal, karpet bulu yang dimiliki bisa memiliki bau tak sedap dan tentunya sangat mengganggu. Jangan buru-buru memanggil jasa pembersih karpet namun bisa dibersihkan dulu dengan tangan sendiri. Masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan campuran perasan air lemon dan cuka, bisa memakai cuka apel. Lalu gosokan ke seluruh permukaan karpet, tunggu sampai kering atau dijemur. Maka bau tak sedap tadi akan pudar atau hilang tanpa bekas.

5.    Mempergunakan bedak bayi

Opsional lain untuk mengatasi bau yang tak sedap di karpet, bisa karena bau hewan peliharaan atau mungkin bau rokok. Adalah dengan menaburkan bedak bayi ke seluruh permukaan karpet tersebut kemudian didiamkan paling tidak 12 jam atau bisa lebih. Bedak akan menyerap bau tak sedap tersebut, selanjutnya tinggal dibersihkan memakai mesin vacuum cleaner.

Melihat ulasan di atas, tentunya merasa sangat mudah untuk membersihkan karpet sendiri tanpa harus memakai jasa profesional yang cenderung mahal. jadi, silahkan memanfaatkan tenaga dan perlengkapan sampai bahan yang tersedia di rumah sendiri. Dijamin akan membantu berhemat sekaligus mampu merawat karpet lantai kesayangan dengan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *