Kenali Terlebih Dahulu Plus Minus Penggunaan Kusen Aluminium sebelum Terlanjur Membeli

Penggunaan aluminium sebagai bahan kusen dewasa ini semakin banyak diminati. Hal ini diakibatkan karena mahalnya harga kayu, membuat aluminium dijadikan bahan alternatif. Akan tetapi tidak semua kusen aluminium cocok digunakan sebagai material untuk bangunan. Ada baiknya kenali terlebih dahulu plus minus dari kusen aluminium sebelum terlanjur membelinya.

Kelebihan Kusen Aluminium

​​​​​Aluminium sekarang banyak dipakai sebagai bahan kusen, berbagai macam kelebihan yang dimiliki membuat aluminium bisa menjadi bahan alternatif pengganti kayu. Berikut kelebihan kusen berbahan aluminium.

  • Harga

Bahan aluminium disinyalir memiliki harga lebih murah dibanding dengan kayu, sehingga banyak dipakai sebagai material pembuatan kusen. Seperti harga pintu kaca aluminium juga lebih murah daripada pintu geser bahan kayu. Kusen berbahan alumunium ini banyak sekali dipakai untuk bangunan perkantoran dan rumah sakit. Walaupun harga yang dibandrol cukup murah, namun aluminium memiliki kualitas yang baik dan tidak kalah dengan kayu.

  • Daya Tahan

Untuk daya tahan tidak perlu diragukan lagi, karena aluminium memiliki sifat yang tahan terhadap perubahan cuaca, tidak mudah korosi (keropos) dan juga tahan terhadap api. Kusen aluminium juga tahan terhadap serangan rayap, sehingga lebih awet jika dipakai dalam waktu cukup lama. Selain itu, bahan aluminium juga tidak akan mengalami penyusutan dan perubahan warna akibat cuaca.

  • Cara Merawat

Cara merawat kusen aluminium juga tergolong lebih mudah, dibandingkan dengan kayu. Caranya cukup dibersihkan menggunakan air dan kain. Selain itu, bahan aluminium memiliki nilai ekonomis yang tinggi karena tidak membutuhkan biaya banyak dalam perawatan dan sangat awet dibandingkan bahan kayu.

  • Desain Kusen Aluminium

Kusen aluminium bisa dilapisi dengan cat atau motif sesuai dengan selera. Oleh sebab itu, desain dari kusen juga bisa beraneka ragam menurut kebutuhan konsumen. Jadi jangan khawatir apabila ingin memilih kusen berbahan aluminium, karena sekarang ini aluminium bisa di cat dengan motif kayu yang diinginkan.

Kekurangan Kusen Aluminium

Selain berbagai kelebihan, ternyata aluminium juga memiliki kekurangan sebagau bahan kusen. Apa saja kekurangannya? Simak ulasannya di bawah ini.

  • Variasi Bentuk

Bentuk dari kusen aluminium biasanya kurang bervariasi dibandingkan dengan kusen berbahan kayu. Biasanya kayu dapat dibentuk dengan berbagai macam pola, sedangkan aluminium hanya memiliki desain pabrik saja. Padahal zaman sekarang, masyarakat senang dengan bentuk kusen yang bervariasi, untuk mempercantik tampilan rumah mereka.

  • Cara Pemasangan

Untuk cara pemasangan dari kusen aluminium biasanya lebih susah dibanding kusen bahan lainnya, karena kusen aluminium harus dipasang secara rapi dan pas pada siku – sikunya. Apabila pemasangannya melenceng, maka bisa menyebabkan terjadinya kebocoran akibat air hujan yang merembes. Oleh karenanya jika Anda ingin memasang kusen berbahan aluminium, wajib meminta bantuan jasa pemasangan kusen yang profesional supaya kusen dapat terpasang dengan sempurna.

Kelebihan dan kekurangan kusen berbahan aluminium yang sudah dibahas diatas bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli. Semakin banyak bahan kusen yang dijual dipasaran, membuat orang – orang menjadi kebingungan untuk memilih bahan mana yang bagus dan tidak ketika dijadikan kusen. Oleh sebab itu, sebelum terlanjur membeli lebih baik kenali dahulu kekurangan dan kelebihan bahan – bahan tersebut.

Selain sebagai bahan kusen, ternyata aluminium juga bisa dijadikan bahan pintu geser. Harga pintu kaca geser biasanya dibandrol dengan harga yang bervariasi tergantung dari ketebalan kacanya. Kaca yang digunakan biasanya adalah kaca tempered yang memiliki kualitas lebih bagus dibanding kaca jenis lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *