Mengenal Ukuran dan Jenis Kaca Tempered Berdasarkan Pemanfaatannya

Kaca tempered merupakan kaca yang sedang banyak digandrungi di kalangan masyarakat saat ini karena memiliki banyak kelebihan khususnya dari segi kekuatan dan keamanan. Kaca tempered merupakan kaca dari bahan kaca floating berkualitas tinggi yang menjalani proses tempering, yaitu proses dimana kaca dipanaskan sampai titik leleh maksimal yaitu sekitar 700 derajat celcius lalu langsung didinginkan secepat mungkin. Proses ini merupakan proses thermal yang ekstrim di mana hasilnya kaca tidak akan mudah pecah karena ada perubahan suhu yang ekstrim di sekitar lingkungannya.

Kelebihan dari kaca tempered ini adalah kuat, kekuatannya mencapai lima kali lipat kekuatan kaca biasa. Selain itu, kaca tempered juga tidak mudah pecah, jika pecah pun pecahannya tidak membentuk sudut-sudut tajam seperti kaca biasanya sehingga lebih aman.

Aneka Ukuran Kaca Tempered

Kaca tempered memiliki berbagai jenis ukuran, khususnya ketebalan. Semakin tebal kaca tempered, semakin pula memiliki kekuatan besar dan biasanya digunakan untuk bagian bangunan megah seperti untuk gedung mall, perkantoran, dan lain – lain. Ukuran kaca tempered masing-masing memiliki ketebalan: 6 mm, 8 mm, 9 mm, 10 mm, 12 mm, dan 15 mm. Berbeda ketebalan, berbeda pula harga yang dipatok untuk kaca tempered ini. Harga partisi kaca yang berasal dari kaca tempered dan kaca lain juga tentu berbeda, begitu pula komponen bangunan yang lainnya.

Harga kaca tempered dengan ketebalan 6 mm sekitar 600.000 rupiah, 8 mm sekitar 650.000 rupiah, 9 mm sekitar 750.000 rupiah, 10 mm sekitar 800.000 rupiah, 12 mm sekitar 1.000.000 rupiah dan 15 mm sekitar 1.500.000 rupiah. Harga kaca tempered memang lebih mahal dari pada harga kaca biasa, namun kelebihannya tentu saja tidak dapat diragukan lagi. Harga tersebut dapat lebih murah atau justru lebih mahal tergantung distributor mana yang Anda pilih.

Macam – macam Kegunaan Kaca Tempered

Kaca tempered difungsikan untuk berbagai macam infrastruktur bangunan maupun dekoratif. Adapun jenis kaca tempered dari kegunaannya tersebut berupa:

1. Partisi Kaca

Partisi Kaca

Kaca tempered dapat difungsikan menjadi partisi kaca framless atau sebagai pembatas antar ruangan yang membatasi secara fisik namun tidak secara visual. Partisi dari kaca tempered kerap menimbulkan kesan yang luas dalam ruangan, sehingga sangat cocok ditepakan di ruangan minimalis.

2. Skylight

Skylight merupakan kaca yang dipasang di atap untuk memaksimalkan pencahayaan yang masuk ke dalam ruangan. Skylight menggunakan kaca tempered karena sifatnya yang tahan terhadap suhu ekstrim sehingga ketika suhu di luar sedang begitu panas atau dingin, kaca tidak akan pecah.

3. Canopi

Canopi merupakan atap suatu ruang eksterior atau teras. Canopi dari kaca tempered juga sering digunakan untuk memaksimalkan cahaya yang masuk sehingga  ruang tersebut tetap terang.

Baca juga: Desain Profil Gypsum yang Klasik

4. Lantai Kaca

Beberapa bangunan yang ingin tampak mewah dan elegan kerap menggunakan bahan kaca untuk lantainya. Kaca yang sering digunakan untuk lantai juga kaca tempered pada tingkat ketebalan memadai karena akan kuat dan tidak akan pecah ketika diinjak.

5. Eskalator dan lift

Beberapa gedung yang juga ingin menampilkan kesan mewah, elegan, dan elite kerap menggunakan kaca ini pada eskalator dan liftnya.

6. Furniture Kaca

Kaca tempered juga digunakan untuk membuat beberapa jenis furnitur seperti meja, kursi dan lemari untuk memperlihatkan kesan unik dan mewah tentunya.

7. Hiasan Kaca

Kaca tempered sering digunakan untuk bahan dekorasi seperti membuat guci, akuarium, vas bunga, dan masih banyak lagi jenis dekorasi lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *