Serba-Serbi GRC Meliputi Harga dan Ukurannya Dalam Pemenuhan Kebutukan Konstruksi!

Pada sebuah bangunan, detail terhadap bagian-bagian kecil tentunya dapat mempengaruhi nilai kerapihan dan kemewahan dari bangunan tersebut. Bentuk-bentuk arsitektur yang tidak monoton dan unik juga dapat menjadi daya tarik sebuah rumah dan akan membuat pemilik rumahnya merasa nyaman. Lalu, kira-kira jenis material apa yang tepat bagi anda yang menginginkan bangunan rumah penuh detail dan unik ini? Tentunya GRC dapat menjadi solusi bagi permintaan anda!

Glassfibre Reinforced Cement atau lebih dikenal dengan istilah GFRC/GRC board ini merupakan jenis material yang terbuat dari campuran antata semen serta pasir yang kemudian diperkuat menggunakan glasssfibre alkali resistant atau kaca serat tahan alkali, polimer akrilik dan juga agregat halus. Saat ini sudah banyak bangunan yang menggunakan material GRC untuk meningkatkan nilai estetis serta kemewahan dari suatu bangunan.

Pengaplikasian GRC sendiri memiliki keragaman pada dunia arsitektur, diantaranya adalah untuk profil cetak dekorasi, cover kolom struktur, plafon, partisi kubikal toilet dan juga pada panel dinding. GRC merupakan salah satu materi yang mudah diaplikasikan dan juga dapat membentuk pada detail yang rumit, sehingga memudahkan para arsitek agar dapat berekreasi dengan bahan ini. Selain itu juga bentuknya yang tipis dapat mempengaruhi pada pengurangan biaya angkut dan pemasangan material.

Informasi Lengkap Mengenai GRC

Plafon GRC juga memiliki daya ketahanan yang cukup lama apabila dibandingkan dengan durasi ketahanan dari plafon gypsum. Rata-rata perhitungan daya tahan dari plafon GRC ini mencapai kurang lebih 25 tahun. Waktu yang cukup lama, sangat bagus untuk orang-orang yang sedang ingin membangun rumah untuk jangka waktu yang tidak sebentar.

Hal lain yang membuat plafon GRC atau GRC board ini lebih diminati oleh masyarakat adalah tingkat keamanannya bagi kesehatan. Ini disebabkan oleh tidak adanya kandungan asbes dari plafon ini, yang dimana seperti kita ketahui bahwa menghirup asbes sangat meningkatkan resiko kesehatan paru yang lebih buruknya dapat membawa pada penyakit kanker paru-paru.

Setiap ada kelebihan pastinya ada kekurangan. Dibalik banyaknya kelebihan dari plafon GRC ini, ternyata untuk dapat membangun rumah menggunakan material jenis ini diperlukannya pemesanan melalui pabrik. Hal ini disebabkan adanya kesulitan dalam membuat GRC tanpa didampingi oleh ahli yang memang handal. Selain itu juga dalam pemesanannya diperlukan jumlah tertentu sehingga tidak dapat menerima GRC dalam bentuk custom atau seperti yang kita inginkan. Hal ini sebenarnya tidak begitu menyulitkan meningat materi plafon GRC yang cukup mudah diatur sehingga tidak perlu ada ukuran khusus pada saat pemasangannya.

Baca juga: Tips Merawat Batu Marmer Agar Selalu Mengkilap dan Baru

Merujuk pada pengaplikasian dari material ini, selain itu juga terdapat berbagai referensi lain untuk pengaplikasian plafon GRC pada bangunan, misalnya pada panel dekoratif, cladding eksterior, dinding interior, penutup untuk lantai dan juga plafon, lisplang GRC, pagar rumah, dan juga lubang angin.

Selain itu juga plafon GRC dapat digunakan sebagai penyekat ruangan dalam rumah untuk plafon yang berbentuk lembaran, khusunya pada bangunan bertingkat yang dimana tidak dapat diberi beban terlalu banyak. Hal ini juga dapat menambah efisiensi dalam pemasangan sekat dalam ruangan daripada harus bersusah payah membuat dinding-dinding dari batu bata.

Selain dari kelebihan-kelebihan yang telah disebutkan sebelumnya, plafon GRC cenderung memiliki harga yang terjangkau. Di wilayah DKI Jakarta sendiri harga untuk lisplang GRC adalah sebesar Rp. 500,000/m2, sedangkan untuk biaya pemasangannya dibanderol dengan harga Rp. 100,000/m2. Bagaimana, anda tertarik untuk membangun rumah dengan menambahkan material GRC ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *